(Bangkalan, 05 Agustus 2018) Mayoritas pekerjaan masyarakat Desa Masaran, Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan adalah sebagai petani. ...

Penyuluhan Tanaman Cabai dan Pembuatan Pestisida dari Bahan Alami oleh KKN 78 UTM

/
0 Comments

(Bangkalan, 05 Agustus 2018)
Mayoritas pekerjaan masyarakat Desa Masaran, Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan adalah sebagai petani. Begitu banyak lahan untuk bertani yang ada di Desa Masaran. Dengan adanya kelompok KKN 78 Universitas Trunojoyo Madura, mereka memberikan penyuluhan Tanaman Cabai dan Pembuatan Pestisida dari Bahan Alami. Pada acara tersebut, tidak hanya memberikan penyuluhan tentang penanaman cabai dengan kondisi tanah di Desa Masaran, namun mereka juga memberikan penyuluhan tentang pembuatan pestisida dari bahan alami seperti bawang putih, puntung rokok, daun pepaya dicampur daun sirsak, daun bandotan, serai, kunyit, dan laos.
Respon masyarakat pada acara penyuluhan pertanian tersebut yang dihadiri oleh 25 peserta yang diadakan di rumah Sekretaris Desa  sangat antusias dan merasa bahwa penyuluhan tersebut sangat bermanfaat. Seperti yang dituturkan Pak Mohamad Hurdi selaku Sekretaris Desa Masaran yang hadir di acara tersebut, “ Acara nya sangat cocok buat saya. Dari warga sini juga banyak yang hadir di acara penyuluhan pertanian ini. Tentang bagaimana caranya menanam cabai, padi, jagung dan juga pengobatan tanamannya. Itu sangat bagus dan jelas penyampainnya”.
Dengan adanya penyuluhan pertanian ini, dapat meningkatkan jenis tanaman yang dapat ditanami di Desa Masaran seperti cabai. Menurut Pak Busri, salah satu petani yang hadir di acara tersebut mengatakan bahwa tanaman yang di tanam di sawah desa ini hanya kacang, padi, jagung, pepaya dan juga ketela. Dimana tanaman-tanaman tersebut mayoritas tumbuh dan dapat di panen setelah 90 hari. Hal ini berarti bahwa kegiatan penyluhan yang di adakan oleh kelompok KKN 78 berhasil. (Dyk).



You may also like

Tidak ada komentar:

Blog Archive

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *