Selain berprofesi sebagai petani masyarakat desa Masaran juga bertenak. Namun, masyarakat desa Masaran beternak bukan menjadi satu-satuny...

PETERNAKAN

/
0 Comments
Selain berprofesi sebagai petani masyarakat desa Masaran juga bertenak. Namun, masyarakat desa Masaran beternak bukan menjadi satu-satunya atau profesi tetap harian mereka. Masyarakat desa masaran beternak hanya untuk mengisi waktu luang. Sehingga peternakan yang mereka lakukan hanyalah peternakan dalam skala kecil atau skala rumahan.
            Pendapatan dari hasil peternakan tidak menjadi patokan atau tidak menjadi tulang punggung pemasukan untuk menghidupi keluarganya. Bahkan tak jarang masyarakat desa masaran beternak hanya untuk di konsumsi sendiri. Hanya ada beberapa peternak yang mempunyai ternak dalam skala untuk di jual.
            Profesi peternakan di desa masaran ada banyak macamnya, antara lain:
1.      Ternak bebek terbagi menjadi dua yaitu ternak bebek rumahan dengan masa tinggal selama 7 bulan. Mulai dari kecil hingga bebek bertelur. Yang kedua adalah bebek potong, dimana bebek potong ini dipelihara selama 40 hari. Namun, bebek potong ini harus makan pur dan bebek potong ini hanya dapat dimanfaatkan dagingnya saja. Sayangnya, masyarakat desa masaran hanya beternak bebek biasa atau bebek rumahan.
2.      Ternak ayam di desa masaran menjadi salah satu prioritas peternakan yang diandalkan oleh masayarakat desa masaran. Masa ternak ayam kampung selama 6 bulan hingga ayam bertelur dan bisa dijual.
3.      Ternak sapi tidak terlalu di minati oleh masyarakat desa masaran. Karena ternak sapi memiliki masa ternak yang cukup lama sehingga masyarakat desa masaran tidak terlalu diminati. Dengan luasnya lahan pertanian yang ada di desa masaran seharusnya masyarakt lebih giat dalam beternak sapi. Karena lebih mudah mendapatkan pakan.
Dari macam-macam peternak diatas yang tetap berpenghasilan besar adalah ternak ayam, selanjutnya adalah ternak bebek dan yang terakhir adalah ternak sapi.


You may also like

Tidak ada komentar:

Blog Archive

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *